Tuesday, August 16, 2011

handphone Android

Nexian Cosmic Journey A890
Handphone Android Dual SIM Card

Review Wed, 27 Jul 2011 14:03:00 WIB

Sukses dengan penjualan handphone Android pertamanya, Nexian Journey, kini Nexian kembali lagi dengan handphone Android keduanya yaitu Nexian Cosmic Journey A892. Handphone Android terbaru dari Nexian ini dijual seharga Rp.1.500.000.

Nexian Cosmic Journey A891 hadir dengan desain melengkung pada sisi atas dan bawah handphone. Dilihat dari samping, handphone ini tidak terlalu tebal namun juga tidak dapat dikategorikan tipis. Jika dibandingkan dengan handphone Android lain sekelasnya seperti ZTE WIDE, Cosmic Journey terlihat sedikit lebih tebal dari WIDE.

Walaupun menggunakan bahan plastik, namun handphone ini tidak terlihat murahan, malahan handphone ini terasa kokoh dan ukurannya pas saat digenggam. Pada bagian bawah layar terdapat 4 buah tombol sentuh penggunaan handphone. Saat ini Cosmic Journey hanya tersedia dalam pilihan warna hitam.

Pada bagian belakang terdapat kamera beresolusi 3 megapiksel dilengkapi dengan lampu flash LED namun tidak dilengkapi dengan autofokus.

Nexian Cosmic Journey menggunakan layar sentuh berukuran 3.5 inci beresolusi HVGA. Tidak diketahui kedalaman warnanya namun sepertinya handphone ini menggunakan layar dengan kedalaman warna 262k warna. Saat digunakan untuk memonton video atau melihat foto, degradasi warna layar terlihat bagus, sekalipun saat dilihat dari sudut sisi samping kiri atau kanan dengan sudut kemiringan ekstrim sekalipun.

Resolusi layar HVGA (320 x 480 piksel) yang dimuatkan pada layar berukuran 3.5 inci ini secara keseluruhan cukup baik performanya. Kinetik scrolling serta pinch dan zoom pada layar juga terasa cukup baik pada handphone ini saat kami ujicoba kesensitifan layar.

Tampilan Cosmic Journey terlihat sudah mendapatkan kustomisasi dan tidak standar Android Froyo lagi. Pada bagian atas layar terdapat notifikasi handphone.

Handphone ini dilengkapi dengan 5 layar home screen yang dapat anda isikan widget. Pada home screen selain dapat anda dapat menerapkan widget, anda juga dapat menerapkan wallpaper dan live wallpaper.

Menu ditampilkan dengan tampilan tersusun kebawah dan menu tersusun berdasarkan abjad.
Phonebook Cosmic Journey punya kapasitas tanpa batas, phonebook juga sudah terintegrasi dengan akun Gmail, Whatsapp, serta jaringan sosial seperti Facebook. Untuk mencari kontak yang terdapat pada phonebook anda, anda dapat mencarinya menggunakan keyboard yang terdapat pada sisi kiri layar phonebook.

Nexian Cosmic Journey dapat mengirimkan pesan seperti SMS, MMS, Email, dan IM. Seperti biasa, SMS dan MMS pada handphone Android tergabung menjadi satu bagian. Tidak terdapat folder pemisah antara pesan masuk, pesan terkirim, serta draft.

Untuk email, standarnya terdapat Gmail sebagai bawaan handphone. Untuk email lainnya, anda juga dapat menggunakannya namun dengan melakukan pengaturan email secara manual.

Untuk IM, terdapat Gtalk sebagai IM bawaan handphone. Untuk menggunakan IM lainnya anda harus bisa mendownloadnya pada Android Market.

Nexian Cosmic Journey dapat digunakan untuk memutar lagu berformat MP3, WAV, WMA, dan eAAC+. Tidak terdapat pilihan EQ pada pemutar musik, walaupun demikian suara yang keluar dari speaker yang terletak pada bagian belakang handphone terdengar bagus.

Galeri foto Cosmic Journey tidak tampil dengan tampilan 3D khas Android Froyo lainnya. Galeri foto Cosmic Journey tampil dengan tampilan 2D nan sederhana. Untuk melakukan zoom-in/out foto anda dapat melakukannya dengan beberapa cara seperti pinch dan zoom, mengetuk layar secara cepat sebanyak 2 kali, dan menggunakan tombol zoom-in/out virtual yang terdapat pada bagian bawah layar. Foto dapat anda kirimkan langgsung menggunakan bluetooth, facebook, gmail, picasa, dan MMS.

Format video yang dapat diputar pada pemutar video milik Cosmic Journey adalah MP4 dan 3GP, saat kami ujicoba video berformat AVI dan DixV, pemutar video tidak dapat memainkannya. Kami juga melakukan beberapa test video seperti mencoba memainkan beberapa video berformat MP4 dengan beberapa tipe resolusi seperti Full HD 1080p, 720p, dan 480p.

Saat kami ujicoba untuk memutar video MP4 berformat 1080p dan 720p, pemutar video tidak dapat memainkannya. Pemutar video hanya dapat memainkan video beresolusi 480p atau setara resolusi itu. Video beresolusi 480p dapat dimainkan dengan lancar dan tanpa hambatan yang berarti saat kami ujicoba.

Untuk mendengarkan Radio FM anda harus mencolokan headset terlebih dahulu yang berfungsi sebagai antena. Setelah itu barulah anda dapat mendengarkan Radio pada Cosmic Journey. Chanel radio dapat anda simpan pada radio FM untuk kemudahan pencarian chanel radio.

Nexian Cosmic Journey berjalan pada jaringan Quad Band GSM 850/900/1800/1900 Mhz dan WCDMA 2100 MHz 900/1800 Mhz. Untuk konektivitas lokal terdapat bluetooth dan Wi-Fi pada handphone Android Nexian ini. Untuk bertukar data dari PC ke handphone atau sebaliknya anda dapat menggunakan port microUSB. Untuk terhubung dengan satelite, terdapat GPS dengan dukungan A-GPS. Handphone ini juga dapat dijadikan sebagai hotspot portabel dengan fitur Wi-Fi Tethering.

Browsing menggunakan Cosmic Journey terasa nyaman dengan adanya layar berukuran 3.5 inci beresolusi HVGA yang dapat menampilkan halaman web dengan tampilan yang lebih maksimal. Terdapat total 8 tab browser pada Cosmic Journey yang dapat anda gunakan untuk browsing. Pinch dan zoom serta kinetik scrolling terasa cukup baik saat browsing dilakukan.

Adanya akselerometer membuat pengalaman browsing semakin menyenangkan, anda dapat melihat layar dengan tampilan portrait ataupun landscape. Sayangnya Cosmic Journey belum dapat menampilkan file flash karena keterbatasan prosesor.

Nexian Cosmic Journey dilengkapi dengan GPS dengan dukungan A-GPS. Satelite dapat terkunci dengan cepat saat kami gunakan Google Maps untuk mencari jalan yang kami inginkan.Cosmic Journey sudah menggunakan Google Maps versi 5. Terdapat beberapa tampilan pada Maps seperti satelite, terain, dan street view yang dapat anda gunakan pada Google Maps milik Cosmic Journey.

Kesimpulan

Untuk performa standar penggunaan handphone, pinch dan zoom serta kinetik scrolling, Cosmic Journey tergolong baik. Namun untuk menjalankan aplikasi serta ujicoba benchmarking, handphone ini cukup mengecewakan hasilnya. Namun perlu diingat, hasil benchmarking tidak selalu menjadi patokan bahwa performa penggunaannya sama dengan hasil benchmarking.

Nexian Cosmic Journey dilengkapi dengan dual kamera beresolusi 3 megapiksel. Kamera belakang dilengkapi dengan lampu flash LED, namun tidak dilengkapi dengan fitur autofokus. Hasil kamera tergolong standar, tidak bagus dan tidak juga buruk. Hasil foto terlihat cukup terang walaupun kami tidak menggunakan flash saat melakukan pemotretan didalam ruangan. Namun shutter speed yang lambat terkadang mengharuskan anda untuk menahan handphone selama beberapa detik saat mengambil foto agar hasil foto tidak blur.

Terdapat beberapa pengaturan kamera seperti EV, zoom digital 4x, geotagging, white balance (auto, incandescent, daylight, fluorescent, cloudy), resolusi foto (3 MP, 2 MP, 1MP, VGA), kualitas foto (sangat baik, baik, normal), dan efek warna.

Kamera Cosmic Journey dapat digunakan untuk melakukan perekaman video beresolusi VGA dengan kecepatan 20 frame perdetik, hasil video disimpan dalam format 3GP. Dibawah ini adalah hasil rekaman video Cosmic Journey.

Nexian Cosmic Journey menggunakan batery 1.260 mAh yang sanggup bertahan hingga 4 hari dalam keadaan standby serta 3.5 jam saat digunakan untuk melakukan panggilan dalam jaringan 3G. Jika anda menggunakan jaringan 2G, batery handphone ini dapat bertahan hingga 4.5 hari dalam keadaan standby serta 4 jam saat digunakan untuk melakukan panggilan.

Jika anda membutuhkan handphone Android low budget untuk sekedar digunakan untuk keperluan office seperti messenger, browsing, dan membuka dokumen office, kemampuan Nexian Cosmic journey cukup baik. Namun jika anda membeli handphone untuk keperluan entertainment seperti bermain game, memutar video, dll kami kurang menyarankannya.

Kelebihan:
• Layar berukuran besar dan jernih;
• Kualitas audio tergolong baik;
• Harga sesuai fitur;
• Desain fresh dan kokoh.

Kelemahan:
• Prosesor kurang mumpuni saat digunakan untuk bermain game;
• Tidak dapat menjalankan flash.

Spesifikasi:

• Dual SIM Card
• Quad Band GSM 850/900/1800/1900 Mhz
• WCDMA 2100 MHz 900/1800 MHz
• Layar sentuh berukuran 3.5 inci beresolusi HVGA
• Dual kamera beresolusi 3 megapiksel, kamera utama dilengkapi dengan lampu flash LED
• Konektivitas Bluetooth dan Wi-Fi
• Sensor akselerometer
• Prosesor ARM V.6 sebesar 600 Mhz dan RAM sebesar 156.6 MB
• Radio FM
• OS Android Froyo 2.2 (2.2.1)
• GPS dengan dukungan A-GPS
• Jack audio standar 3.5mm.

No comments:

Post a Comment