Thursday, December 15, 2011

Mengenal Internet

A. Mengenal internet 

Internet singkatan dari Interconnected Network (jaringan yang aling terhubung). Internet adalah kumpulan komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Disebut jaringan yang saling terhubungkan karena internet menghubungkan komputer dengan jaringan-jaringan komputer yang da diseluruh dunia menjadi sebuah jaringan komputer yang sangat besar.
Ada 2 peranan internet yang penting yakni :
a. Sebagai sumber data dan informasi
b. Sarana pertukaran data dan informasi
1.1.2 Berbagai aplikasi data dan informasi
Ada sekian banyak aplikasi yang ada saat ini yang paling banyak digunakan antara lain :

A. World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW) merupakan aplikasi yang sering digunakan dan merupakan aplikasi yang penting. Aplikasi WWW dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal. World Wide Web (WWW) adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di sever-server yang terdapat diseluruh dunia.

B. Electronic Mail (E-mail)
Electronic Mail (E-mail) adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Mengirim e-mail sama persis dengan mengirim surat biasa, kita dapat bercerita, mengirimkan pesan/apa saja melalui e-mail kita dapa mengirim file, dokumen, dsb. E-mail merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat.

C. Mailing List
Mailing List adalah aplikasi internet yang digunakan sebagai sarana diskusi/bertukar informasi dalam satu kelompok melalui e-mail

D. News Group
News Group adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain dalam sebuah forum.

E. Internet Relay Chat
Internet Relay chat adalah aplikasi internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di Internet. Chatting dilakukan dengan cara mengetik apa yang ingin kita katakan kepada teman chatting kita kemudian mengirimkannya dalam bentuk teks.

F. File Trans Protocol (FTP)
File Trans Protocol (FTP) adalah aplikasi yang digunakan untuk mengirimkan/mengambil file ke/dari komputer lain. FTP digunakan untuk mencari dan mengambil (download) arsip (file) dari sebuah server di internet.
G. Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP (IP Adress) dari komputer yang akan diakses dan kita juga harus mempunyai hak akses (User ID dan password) ke komputer tersebut.

H. Gopher dan Ping
Gopher adalah aplikasi internet untuk mencari informasi yang ada di internet. Namun Informasi yang dicari hanya terbatas hanya pada teks saja untuk mendapatkan informasi melalui kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server server yang ada di internet.
Ping adalah singkatan dari packet internet gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang digunakan terhubung/terkoneksi dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini digunakan dengan cara mengirimkan sejumlah packet data

No comments:

Post a Comment